4 Reading Challenge untuk Resolusi Tahun 2019

Selama dua tahun terakhir, saya sudah mencoba ikut tantangan baca buku dengan target di Goodreads, dan ternyata saya berhasil memenuhi kuota baca yang saya targetkan, bahkan lebih dari itu. Jadi, saya penasaran, untuk tahun 2019, apa saja reading challenge/tantangan baca yang tersedia di internet.

Sumber: Nong Vang (unsplash.com)

Buat yang mau coba reading challenge untuk mencoba baca buku lebih banyak, berikut ini adalah 4 reading challenge yang saya tahu dan (beberapa pernah) coba:

1. Goodreads Reading Challenge 2019

Goodreads adalah website yang didedikasikan untuk, terutama, para pecinta buku. Goodreads bahkan punya aplikasi android sendiri. Saya sering mengunjungi website ini untuk melihat peringkat popularitas suatu buku, melihat komentar-komentar orang lain tentang buku yang saya minati, mengirim pertanyaan tentang suatu buku, dan mengikuti acara tahunan Goodreads Reading Challenge. Tantangannya cukup mudah dibandingkan dengan challenge lain, karena jumlah buku dan temanya bebas. Challenge ini cocok buat yang baru pertama nyobain reading challenge.

Jumlah buku target baca: bebas

Tema buku: bebas

2. Book Riot Read Harder Challenge 2019

Book Riot adalah sebuah website yang sering saya kunjungi untuk dapat melihat rekomendasi-rekomendasi buku bacaan. Book Riot Read Harder Challenge adalah challenge yang baru saya ketahui (dan ikuti) pada pertengahan tahun 2018, dan saya tidak berhasil menyelesaikan tantangannya šŸ˜¢šŸ˜¢šŸ˜¢šŸ˜¢

Tahun ini saya ingin bisa menyelesaikam challenge ini, dan karena mulainya di awal tahun, mudah-mudahan bisa selesai šŸ’ŖšŸ’ŖšŸ’Ŗ

Menurut saya, challenge ini lebih sulit dari Goodreads, karena tema dan jumlah bukunya ditentukan tiap tahunnya. Contohnya, tahun 2018, beberapa tema buku wajib bacanya:

1. Buku tentang alam

2. Genre fiksi klasik (misteri, sci-fi/fantasi, romansa)

3. Buku tentang literatur zaman kolonial atau postcolonial

Tapi, untungnya ada komunitas online di Goodreads yang khusus membahas soal Book Riot Read Harder Challenge ini, jadi di situ saya bisa menemukan rekomendasi buku bacaan untuk memenuhi target tantangannya.

Kerennya lagi, saking niatnya, salah satu anggota komunitas book riot ada yang sampai membuat spreadsheet untuk tracking buku yang sudah kita baca, berapa halaman, waktu mulai dan selesai, dll.

Challenge ini cocok untuk yang ingin memperluas wawasan baca dengan membaca berbagai buku bertema berbeda dengan penulis yang berlatar belakang berbeda pula. Beberapa contoh buku tema read harder challenge 2019:

1. Novel bertema alternate history

2. Novel epistolari

3. Buku tentang jutnalistik atau ditulis oleh seorang jurnalis

Jumlah buku target baca: 24

Tema buku: ditentukan

3. Popsugar Reading Challenge 2019

Popsugar reading challenge adalah tantangan baca yang digelar oleh Popsugar Inc., sebuah perusahaan media dan teknologi global. Websitenya, popsugar.com, berisi banyak konten-konten bertema lifestyle, fashion, entertaintment, dan laim-lain. Jadi website ini tema kontennya lebih luas dibandingkan dengan book riot maupun goodreads.

Kalau challenge yang ini, saya belum pernah coba sebelumnya, dan, sepertinya tidak akan saya coba untuk tahun ini, karena saya ingin fokus menyelesaikan tantangan yang dari book riot dulu. Mungkin tahun depan saya akan mencobanya (Alasan lain: jumlah buku targetnya paling banyak dibanding challenge lain, nggak yakin bisa hiks šŸ˜‚šŸ˜‚šŸ˜‚).

Sama seperti Goodreads Reading Challenge dan Book Riot Read Harder Challenge, Popsugar Reading Challenge juga ada komunitasnya di goodreads.

Challenge ini cocok buat yang kuat baca dengan target banyak (for obvious reason). Berikut ini beberapa tema buku yang ditargetkan untuk popsugar reading challenge 2019:

1. Buku yang diadaptasi menjadi film di tahun 2019

2. Novel debut

3. Buku berlatar tempat di ruang angkasa

Jumlah buku target baca: 40 (+10)

Tema buku: ditentukan

4. Modern Mrs. Darcy Reading Challenge 2019

Modern Mrs. Darcy adalah sebuah blog bertema lifestyle, khusus untuk pecinta buku. Penulis Blog ini, Anne Bogel, adalah seorang penulis buku yang baru-baru ini saya baca, I’d Rather be Reading.

Tantangan yang ini (kelihatannya) cukup mudah, walaupun jumlah buku dan temanya ditentukan. Challenge ini cocok untuk yang ingin mencoba tantangan baca, tapi bingung mau baca apa. Tema buku yang sudah ditentukan mempermudah dalam memilih buku, di sisi lain, tema yang diberikan cukup luas, jadi memperkecil kesulitan untuk mencari buku yang pas. Berikut ini beberapa contoh buku yang jadi tema modern mrs.darcy reading challenge 2019:

1. Buku yang ingin kamu baca

2. Buku tentang topik yang menarik untuk kamu

3. Tiga buku yang ditulis oleh orang yang sama

Jumlah buku target baca: 12

Tema buku: ditentukan

Gimana menurutmu? Ada lagi Reading Challenge yang menarik untuk tahun 2019?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s